Info

Investasi Dengan Menggunakan Saham Syariah

Spread the love

Saat ini banyak orang yang berinvestasi dalam bentuk saham syariah. Namun bagi sebagian dari kalian menganggap investasi semacam itu bukan pilihan yang tepat karena bertentangan dengan agama dalam hal ini aturan atau prinsip agama Islam. Namun tenang saja karena saat ini sudah tersedia yang namanya investasi saham syariah.

Mengenal Sekilas Soal Investasi Saham Syariah

Investasi tersebut tentunya berjalan dengan tidak bertentangan terhadap prinsip-prinsip agama yang ada. Selain itu untuk berbagai macam pilihannya juga tergolong banyak sehingga kalian tidak akan kebingungan memilih mana jenis investasi yang ada. Bagi kalian yang mungkin kurang paham mengenai saham syariah yaitu saham yang tidak ada pertentangan dengan prinsip prinsip syariah di dalam Pasar Modal tadi.

Keuntungan Investasi Saham Syariah

Adapun beberapa keuntungan yang kalian dapatkan jika berinvestasi dengan menggunakan saham syariah. Keuntungan yang pertama tentu saja kalian tidak bertentangan dengan ajaran agama ketika melakukan investasi. Hal ini karena ada Lembaga yang menjamin kehalalannya yaitu MUI.

Keuntungan lainnya yaitu kalian mudah mendapatkan saham jenis ini. Hal ini karena ada beberapa saham yang termasuk ke dalam LQ45. Jadi intinya saham tersebut aktif untuk diperdagangkan sehingga kalian bisa mendapatkannya. Selain masuk ke dalam kategori tersebut ada beberapa saham yang masuk ke dalam blue chip yang mana saham tersebut sangat minim resiko terjadi penurunan harga.

Jangan kira ketika kalian melakukan investasi saham syariah tidak bisa mendapatkan keuntungan melalui capital gain ataupun dividen. Ternyata ketika kalian melakukan investasi tersebut bisa mendapatkan keuntungan dari dua hal tersebut seperti kalian bisa menikmati keuntungan seperti investor lainnya.

Tips Investasi Saham Syariah

Setelah kalian mengetahui keuntungan berinvestasi dengan saham syariah ini maka jika kalian tertarik bisa langsung melakukan investasi tersebut. Adapun bagi kalian para pemula dan merasa sedikit kebingungan bagaimana cara berinvestasinya, berikut ini adalah beberapa caranya.

  • Mengenali Saham Syariah

Hal pertama yang perlu kalian lakukan yaitu mengenali saham yang diinginkan. Ketika kalian memutuskan untuk membeli saham tentu saja akan sepaket dengan resiko dari dana yang kalian investasikan tadi. Maka dari itu penting bagi kalian untuk mengetahui saham yang akan dibeli secara jelas.

Sesuai dengan namanya saham syariah maka kalian harus mengenali saham yang akan kalian beli nantinya. Jangan sampai kalian menanam saham pada perusahaan yang tidak memegang prinsip syariah tadi. Cara mudah untuk mengetahui perusahaan apa saja yang bisa kalian beli saham syariahnya maka silahkan cek pada Daftar Efek Syariah. Disana tersedia nama perusahaan saham yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Untuk daftar yang tersedia terbagi ke dalam dua jenis yaitu daftar yang bersifat periodik dan juga diterbitkan secara berkala serta yang diterbitkan tidak berkala.

  • Kejelasan Saham Perusahaan

Tips lainnya yaitu kalian harus memastikan jika saham yang akan kalian beli nantinya terbebas dari praktik yang bertentangan dengan ajaran Islam. Untuk mengetahuinya kalian harus memperhatikan syarat-syarat yang ada sebagai patokan. Hal itu dapat dilihat dari jenis usaha, produk, akad dan juga pengelolaannya pastikan sesuai dengan prinsip syariah.

Syarat lainnya yaitu perusahaan wajib untuk menandatangani serta memenuhi ketentuan akad yang sesuai prinsip syariah.  Syarat ketiga dan paling mudah untuk kalian ketahui yaitu perusahaan memiliki (SCO) Syariah Compliance Officer. Dimana SCO ini telah disertifikasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

  • Datang Ke Perusahaan Sekuritas

Tips lain yang bisa kalian lakukan yaitu mendatangi perusahaan sekuritas. Setelah mencari informasi mengenai perusahaan mana saja yang menerapkan prinsip syariah maka langkah selanjutnya yaitu kalian mulai menanamkan modal kalian. Salah satu caranya kalian harus datang ke perusahaan sekuritas, pastikan perusahaan yang kalian pilih merupakan perusahaan terpercaya yang mana saham yang dijual merupakan saham syariah. Kemudian lihat juga apakah perusahaan tersebut diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan atau tidak, lebih aman lagi jika kalian memilih perusahaan yang diakui oleh OJK.

Kemudian ketika sudah memutuskan perusahaan sekuritas mana yang akan kalian pilih maka jangan ragu untuk menanyakan kepada petugas informasi sejelas-jelasnya. Biarkan mereka menjadi pembanding dan juga pelengkap informasi yang kalian butuhkan terutama dalam hal emiten yang ingin dibeli. Langkah selanjutnya kalian hanya perlu mengisi formulir yang dibutuhkan saja.

Jadi itulah sedikit pengertian mengenai apa itu investasi menggunakan saham syariah, kemudian apa saja keuntungan yang didapatkan kemudian tips investasi bagi kalian para pemula. Jadi bagi kalian yang ingin berinvestasi dengan aman dan sesuai ajaran agama akan lebih tenang dengan adanya saham jenis ini. Untuk kalian yang mungkin masih ragu untuk melakukan investasi saham syariah karena berbagai alasan terutama resiko maka kalian bisa memilih reksadana syariah sebagai salah satu alternatifnya. Reksadana ini memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan saham. Untuk informasi lebih jelasnya kalian bisa datang langsung ke perusahaan sekuritas terpercaya yang tersedia.